Sabtu, 04 April 2015

The Legend, Honda CB

Honda CB, salah satu tipe motor yang populer di tahun 1970 an.  Kemunculannya  mendapat sambutan yang luar biasa. Bentuknya yang trendy menyita perhatian masyarakat pengguna roda dua. 

Ya, dibanding pendahulunya Honda 90 maka Honda CB mempunyai bentuk yang lebih ramping dan sportif . Tidak dipungkiri bahwa Honda 90 masih menyisakan model motor tahun ‘60 an yang kental bernuansa klasik.

Dibandingkan dengan varian yang bersilinder ganda dengan kapasitas 175 cc dan 200 cc, maka dua saudaranya yang lain, yakni yang bersilinder tunggal dengan kapasitas 100 cc dan 125 cc lebih digemari. Bahkan salah satu tipe 100 cc banyak dicari orang karena keunikan nya. 

Bentuk emblem lebih besar dan tutup tangki bensin tidak berada di tengah atas seperti lazimnya namun berada di sebelah kanan atas ! Inilah dia si CB Gelatik !

Setidaknya ada dua alasan yang melatar belakangi. Pertama  karena lebih simple alias lebih mudah perawatannya dan kedua harganya lebih murah. 

Disamping itu, terbukti honda CB ini mempunyai mesin yang tangguh dan bandel.  Bahkan mampu memuat beban yang berat. Lihat saja di daerah pedesaan yang kerap dipakai mengangkut hasil pertanian.



Meskipun tahun berganti dan jaman telah berubah namun honda CB tetap eksis dengan segala kelebihan dan daya tariknya. Sekarang ini keberadaannya lebih banyak digunakan sebagai motor hobby. 

Ini berpulang kepada selera masing masing. Ada yang tetap mempertahankan keasliannya. Tiap part kendaraan dijaga keoriginalannya. Makin orisinil makin bernilai.

Dapat dimaklumi, karena motor klasik dengan kondisi lengkap dan orisinil adalah sesuatu yang langka. 

Namun sebaliknya, ada yang demen modifikasi. Tidak terlalu mempermasalahkan tingkat keasliannya, yang penting penampilan motor makin keren dan trendy.

Basis (rangka) Honda CB nya memang mudah disesuaikan (cocok) dengan generasi yang lebih baru semisal Honda GL Max – Pro. Malahan ada yang ekstrim sampai mengganti mesinnya dengan kepunyaan Honda Tiger.  Wow.... Edan bener.  

Tidak cukup sampai disitu, banyak klub bermunculan untuk mewadahi para penggemar dan juga para Honda CBmania, baik sebagai ajang tukar informasi ataupun sekedar silaturahmi antar sesama anggota.

Honda CB... Sang legenda yang tak lekang oleh jaman.





Spesifikasi Teknis

Mesin: 4-stroke, OHC, 1 silinder
Kapasitas mesin: 99cc (100)
Kompresi: 9.5:1
Max. power: 11,5 hp @ 10.500rpm
Top speed: 110.0 km/jam
Bore x Stroke: 50.5 x 49.5 mm (2.0 x 1.9 inches)
Valve per cylinder: 2
Sistim Pengapian: platina
Sistim Pendingin: udara
Transmisi: 5-speed
Tipe transmisi: Rantai
Ban depan: 2.50-18
Ban belakang: 2.75-18
Rem depan: tromol
Rem belakang: tromol
Berat: 92 kg
Kapasitas Tangki : 10 liter


Varian

K0: no.serial: CB100-100001   (1970-1971)
K1: no.serial: CB100-200001   (1971)
K2: no.serial: CB100-1200001 (1972-1975)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar